Inilah Ragam Manfaat Investasi Fintech P2P Lending

P2P lending merupakan salah satu instrumen dalam investasi. Meskipun tergolong baru, peminat instrumen ini sangat banyak. Hal itu terbukti semakin bertambahnya perusahaan yang bergerak di pendanaan fintech ini.

Banjirnya peminat salah satunya disebabkan oleh kemudahan rekening investor untuk tumbuh. Tidak hanya itu saja sistem investasi online memberikan kemudahan tersendiri. Salah satunya proses cepat, transaksi bisa dilakukan kapan saja.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya untuk investor loyal. Yuk, cari tau dengan penjelasan di bawah ini.

  1. Tingkat Pengembalian Tinggi Tetapi Bernilai Wajar

Saat Anda menyimpan uang dalam bentuk tabungan. Uang bertambahnya lama, justru malah berkurang karena potongan biaya administrasi bulanan. Meskipun ada keuntungan senilai 0,5%-1,5% tiap tahun. Tetap saja belum menguntungkan. Karena nilai persentase itu lebih kecil daripada inflasi.

Jika uang Anda disimpan dalam instrumen P2P lending. Keuntungan tertentu pasti Anda dapatkan. Waktu penerimaannya juga tidak lama, hanya dalam kurun waktu 1 bulan saja. Rekening Anda bertambah dengan nilai cukup besar.

Besarnya tambahan uang dalam rekening tidak lain karena return mencapai 15%-20%. Persentase tersebut lebih besar daripada inflasi. Seperti yang kita ketahui tingkat inflasi per tahun itu bisa mencapai 8,5%.

  1. Sebagai Instrument Diversifikasi Portofolio

Seorang investor perlu menjaga aset dari kerugian. Salah satu cara dengan diversifikasi. Tindakan ini memiliki pengaruh luar biasa terhadap suatu aset. Karena risiko disebar dengan membentuk portofolio khusus untuk penanaman dana.

Ketika melakukan diversifikasi investor biasanya menggunakan instrumen dengan tingkat risiko rendah. Hal itu untuk menjaga supaya aset tidak terjun bebas dalam kebangkrutan. Saat memutuskan gabung pada P2P, langkah investor sudah tepat.

Di sana investor akan merasakan kemajuan finansial yang mengejutkan. Tiap bulan kentungan sudah pasti masuk senilai angsuran, pokok, bunga dari pihak peminjam dana dari investor. Apalagi saat berada di P2P investor melakukan diversifikasi lagi dalam bentuk skoring. Keuntungan ganda langsung diperoleh pihak penanam dana.

  1. P2P Lending Memberikan Manfaat Kepada Pengusaha UMKM dan Penggerak Ekonomi Nasional

Pendanaan memakai fintech P2P lending ini tidak hanya membuat investor makmur. Lebih daripada itu investor turut membantu pengusaha UMKM di seluruh Indonesia untuk maju. Karena selama ini banyak UMKM khususnya di pedesaan belum terjamah oleh pihak bank.

Hadirnya P2P ini menjadi sebuah cahaya berkembangnya UMKM Indonesia. Pihak pemberi dana termasuk Anda secara langsung menyumbang keberhasilan perekonomian negara. Karena hampir 95% roda ekonomi Indonesia digerakkan oleh sektor ini. P2P lending merupakan investasi yang baik bagi siapapun dengan ragam profesi dan usia.

  1. Platform P2P Lending Memberikan Jaminan Perlindungan Untuk Risiko Kredit

Setiap kali ada calon peminjam yang akan gabung dalam platform P2P. Pihak perusahaan menyeleksi secara ketat. Termasuk berlakunya penjaminan atas kerugian akibat tunggakan dan gagal bayar. Sehingga saat pemberi pinjaman dalam hal ini bertindak sebagai investor. Mereka tidak akan bingung akan risiko kredit.

Risiko itu munculnya sewaktu-waktu, meskipun akhirnya terkena. Dana investor tetap baik-baik saja. Karena pihak pengelola memiliki dana cadangan untuk menalangi kerugian dari peminjam.

Selain masalah penjaminan, dana yang diberikan pemberi pinjaman tepat sasaran. Karena peminjam merupakan pemilik usaha yang potensial. Uang Anda berguna sekali untuk mereka.

Platform P2P lending siap membawa Anda pada kemakmuran pribadi. Serta ikut serta meningkatkan geliat ekonomi bangsa. Berapapun besarnya dana yang diinvestasikan, bisa memberikan manfaat lebih.