Sianida Adalah Bahan Kimia Berbahaya yang Dapat Meracuni Tubuh, Kenali Gejala Keracunan Sianida Berikut!

Sianida adalah bahan kimia yang mengandung ikatan karbon nitrogen atau yang dikenal dengan rumus kimia CN. Racun jenis ini memang jarang digunakan, namun terbilang begitu berbahaya atau sangat mematikan, sebenarnya sianida sendiri bisa dengan mudah ditemukan pada berbagai macam produk obat-obatan dan juga bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hanya saja memang tidak semua gugusnya bertindak sebagai racun.

Awal dari keberadaan racun yang satu ini adalah di dunia pertambangan, ia dijadikan sebagai zat yang dapat mengikat emas atau logam mulia. Hanya saja telah terjadi peperangan, pemakaiannya kemudian dialihfungsikan, yaitu digunakan sebagai zat untuk bunuh diri dengan cara meracun diri sendiri. banyak juga diantaranya yang memakai racun ini untuk kebutuhan membunuh hama layaknya tikus dan juga curut, sehingga dapat melindungi panen mereka.

Secara singkatnya cara kerja dari racun yang satu ini adalah dengan mencegah sel-sel tubuh dalam menggunakan atau mengikat oksigen guna menghasilkan molekul energi. Sehingga efek yang dirasakan oleh penderitanya sendiri juga terbilang sangatlah cepat. Karena seluruh energi yang dimiliki akan langsung habis sehingga sel-sel juga akan mengalami kematian. Sebenarnya racun sianida ini mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya ada pada:

  1. Asap yang berasal dari kebakaran bahan-bahan dari karet, plastik dan juga sutera, itulah mengapa tidak dianjurkan untuk membakar bahan-bahan atau limbah tersebut, karena berbahaya bagi orang yang ada di sekitarnya, mengingat ia akan menghasilkan sianida ini.
  2. Dipakai dalam bidang fotografi, termasuk juga dipakai ketika penelitian kimia, plastik sintetis, pengolahan logam hingga industri yang bergerak di bidang electroplatting.
  3. Tanaman, banyak diantara tanaman yang sebenarnya mengandung senyawa atau zat sianida ini, diantaranya adalah aprikot dan juga singkong. Jadi tidak heran jika seandainya beberapa orang mungkin akan keracunan atau terpapar dari racun tersebut saat pengolahan yang dilakukan tidak benar.
  4. Lietrile, ini adalah komponen yang mengandung amygladin, biasanya ditemukan dalam buah-buahan atau biji-bijian mentah seperti kacang-kacangan. Banyak digunakan dalam pengobatan penyakit kanker, hanya saja memang efek samping pemakaiannya sendiri adalah keberadaan racun sianida ini.
  5. Beberapa bahan kimia nyatanya juga mengandung racun ini, termasuk diantaranya adalah aseton atau yang digunakan dalam menghapus kuteks, cairan pengolahan plastik dan sejenisnya. Setelah masuk kedalam tubuh, maka senyawa tersebut dapat dikonversikan kedalam sianida ini, sehingga sangatlah beracun.
  6. Asap rokok, jangan salah karena ternyata asap rokok juga bisa menjadi sumber dari sianida yang paling umum, karena secara alami bahan yang satu ini terdapat di dalam tembakau. Sehingga darah dari perokok juga bisa mengandung sianida 2,5 kali lebih besar dibandingkan dengan darah orang yang tidak merokok.

Biasanya orang-orang yang sudah terpapar oleh sianida ini akan merasakan beberapa gejala, seperti diantaranya adalah:

  1. Lemas, menjadi bingung dan juga perubahan tingkah laku, seperti diantaranya adalah kantuk berlebihan, koma sampai dengan sesak napas,
  2. Efeknya dramatis, karena efek yang dirasakan langsung akut, secara cepat akan mengalami serangan jantung dan juga pingsan.
  3. Perubahan warna yang terjadi pada kulit, yaitu menjadi merah muda atau merah ceri, aneh karena memang oksigen tidak sampai ke sel-sel kulit.

Sianida adalah bahan yang sangat berbahaya dan mungkin secara tidak disadari Anda merasakannya sehari-hari, sehingga harus berhati-hati agar tidak sampai teracuni.