Hindari 3 Tindakan Ini Demi Mencegah Mata Belekan

Hindari 3 Tindakan Ini Demi Mencegah Mata Belekan

Mata belekan merupakan kondisi yang serius dan bisa menyerang siapapun, termasuk anak. Anda harus mengatasi berbagai gejala, termasuk mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah, jika sudah terlanjur belekan. Jika belum, maka hindarilah hal-hal yang bisa memicu timbulnya belekan. Untuk itu, Anda harus menghindari beberapa tindakan ini untuk mencegah mata belekan.

  1. Mengucek Mata

Mengucek mata karena berbagai penyebab seperti karena pedih, gatal, atau penyebab lainnya memang harus segera ditangani. Kebiasaan mengucek mata tentu tidak baik bagi kesehatan mata. Karenanya, cegah si kecil untuk mengurangi kegiatan mengucek mata yang berlebihan. Jika mata terasa pedih atau gatal, maka pantaulah agar anak jangan mengucek secara berlebihan.

Sebenarnya, terdapat penyebab mata gatal atau pedih, sehingga menyebabkan tindakan reflek mengucek. Penyebab tersebut bisa beraneka ragam, di antaranya adalah debu dan kotoran. Jika tangan yang digunakan untuk mengucek tidaklah bersih, maka kotoran atau debu yang ada di tangan tentu akan ikut masuk ke mata dan menyebabkan akumulasi kotoran pada mata.

Hal tersebut justru memperparah kondisi mata anak. Jika dibiarkan terus menerus, maka bisa menyebabkan infeksi mata dan berujung pada sakit belekan. Mata yang belekan ini ditandai dengan mata yang memerah, berair, dan mengeluarkan kotoran. Terkadang, mata juga berlendir. Karena akibatnya bisa sefatal itu, maka hindarilah sering mengucek mata.

Jika mata terasa pedih atau gatal, basuh muka dan gunakan obat tetes mata untuk membantu menghilangkan kotoran atau debu yang ada di mata. Hal ini akan membuat mata lebih fresh dan terasa ringan.

  1. Berlebihan dalam Memakai Obat Tetes Mata

Obat tetes mata memang berfungsi menghilangkan kotoran yang ada pada mata. Anda dapat menggunakannya sesuai anjuran pemakaian agar tidak menimbulkan efek samping. Hindarilah untuk terlalu sering menggunakan tetes mata. Cukup gunakan satu tetes setiap kali memakai obat tetes mata, namun jangan terlalu sering.

Dalam kasus mata yang kering, pemakaian obat tetes mata bisa membuat mata lebih ringan dalam beberapa waktu. Akan tetapi, pemakaian yang sering dalam jangka panjang justru akan menyebabkan kornea mata jadi lebih keruh. Bahkan, kondisi lebih parahnya adalah menyebabkan infeksi mata.

Jika mengalami infeksi, akan timbul lendir di sekitar mata. Mata juga menjadi memerah dan berair yang berlebihan. Gejala ini mengakibatkan sakit belek yang bisa menyerang siapapun, termasuk anak. Jadi, anak juga bisa mengalami sakit belek akibat berlebihan memakai obat tetes mata. Jadi, waspadalah sebelum timbul gejala mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah.

Berdasarkan pendapat ahli kesehatan mata dari Jakarta Eye Center yaitu dr. Nashrul Ihsan, Sp.M., pemakaian obat tetes mata memang diperbolehkan asalkan tidak terlampau sering. Cukup menggunakannya satu atau dua tetes saja dalam rentang waktu tiga hingga empat jam.

  1. Sering Berada di Tempat yang Berdebu

Sering beraktivitas di tempat yang berdebu atau banyak polusi udara tentu tidak baik bagi anak. Sebagai orang tua, janganlah mengajak anak ke tempat yang berdebu, seperti jalanan, lapangan, dan tempat lain yang banyak mengandung polusi udara. Anak yang masih rentan terhadap benda asing haruslah dijaga kesehatannya.

Kurangilah frekuensi berada di lingkungan luar agar menjaga kesehatan anak, terutama mata agar tidak mengalami infeksi akibat debu. Alergi debu bahkan bisa dialami karena masih rentannya sistem imun. Jika terjadi alergi debu, maka bisa menyebabkan belekan. Jadi, hindarilah terlalu sering berada di lingkungan penuh polusi udara agar anak tidak mengalami belekan.

Jika bepergian, upayakan untuk mengenakan kacamata kepada anak agar tidak mengalami sakit mata belekan aibat alergi debu yang justru mengganggu penglihatan. Efek mata belekan lainnya seperti mata terasa pedih, berair, dan bengkak, bisa diatasi dengan baik. Memeriksakan kondisi ke dokter juga harus dilakukan.

Berbagai tindakan tersebut memang harus dihindari. Berikan pengertian ke anak agar mampu menghindari berbagai hal tersebut untuk menghindari sakit belekan. Menghindari berbagai tindakan tersebut akan menurunkan risiko mata anak 1 tahun belekan tapi tidak merah. Kondisi gejala belekan tapi tidak merah ini juga lebih diwaspadai karena tidak mudah dipantau.