Tips Mudah Mengurangi Konsumsi Listrik Di Pabrik

Tips Mudah Mengurangi Konsumsi Listrik Di Pabrik

Tenaga listrik memang sangat dibutuhkan untuk kegiatan industri. Namun terkadang kebutuhan akan listrik ini menjadi suatu kendala dalam hal biaya pengeluaran yang tidak sesuai dengan pemasukan. Hal ini biasanya terjadi akibat kurang terkontrolnya penggunaan energi listrik di pabrik anda sehingga tagihan menjadi membludak. Untuk itu  gunakanlah mechanical electrical dan piping yang bisa kita temui di Sewatama, sehingga listrik akan terotomatis, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pabrik. Untuk menghemat biaya, berikut ini ada beberapa tips menghemat konsumsi listrik di pabrik, diantaranya;

  • Kumpulkan dan analisa informasi energi

Memang sangat penting dilakukan untuk memantau dan mengelola sistem distribusi listrik, guna menghemat energi dan operasi yang dapat dipercaya. Dengan sistem manajemen yang baik, maka anda dapat melacak penggunaan energi yang sedang berlangsung. Hal ini tentunya untuk mencegah tindakan pemborosan energi. Kini kita bisa menggunakan teknologi perangkat lunak berbasis web untuk bisa memperoleh informasi mengenai penggunaan listrik di pabrik anda.

  • Pastikan sistem beroperasi sesuai dengan rencana

Selanjutnya and aharus mengetahui apakah sistem yang anda gunakan sudah sesuai dnegan rencana atau tidak, apakah yang anda lakukan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan? Biasanya sistem distribusi listrik berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan perlatan yang digunakan. Untuk itu gunakanlah sistem EPMS yang dapat membantu anda dalam memastikan apakah semua peralatan distribusi listrik anda berjalan dengan efektif.

  • Kelola operasi

Selanjutnya anda harus mengumpulkan informasi untuk mengukur ketersediaan, muatan dan pemakaian secara real time. Hal ini merupakan cara mengelola operasi yang baik. Jika anda menggunakan sistem EPMS memungkinkan dapat memantau operasi dan status komponen tersebut dari waktu ke waktu dalam mencari perubahan.

Itulah beberapa tips mengurangi konsumsi energi listrik untuk pabrik anda. yang terpenting adalah harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk itu kunjungilah website Sewatama di http://sewatama.com/id/product/consultancy/. Disana anda dapat memperoleh informasi mengenai tata cara mengatur pendistribusian listrik di pabrik anda secara efektif.